top of page
Search
  • Melati Herawati

Koloborasi Masyarakat Digital

A. Pengertian

Kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama disebut dengan koloborasi. Kolaborasi dalam masyarakat digital adalah platform kolaborasi online yang memudahkan penggunanya dalam berkolaborasi lewat gambar, video, maupun suara dengan mudah, nyaman, dan aman. Kolaborasi harus didasarkan pada usaha agar mencapai tujuan bersama.


B. Jenis

I. Berdasarkan Pembentukan dan Tujuan

a. Kolaborasi tim

Koloborasi yang dilakukan dalam tim kerja dengan masing-masing anggota tim mempunyai tugas batasan waktu dan tujuan yang sudah dinyatakan secara jelas. Untuk mencapai tujuan bersama, masing-masing tim harus menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan pada batasan waktu tertentu.

b. Kolaborasi komunitas

Kolaborasi yang dilakukan karena adanya kesamaan minta dan ketertarikan dari anggota komunitas. Tujuannya biasanya dilakukan untuk mengembangkan bidang yang menjadi ketertarikan bersama dan tidak untuk menjual komersil. Kolaborasi ini juga dilakukan dengan tujuan utama berbagi informasi dan pengetahuan untuk pembelajaran, bukan untuk menyelesaikan proyek tertentu. Dan Komunitas ini dibangun untuk memberikan solusi pada permasalahan dari anggota-anggota komunitas yang ada.

c. Kolaborasi jaringan

Kolaborasi yang dibangun karena adanya hubungan atau ikatan yang sudah di bangun terlebih dahulu. Jaringan tersebut dibangun berdasarkan dengan berbagai ikatan tertentu seperti hubungan kerja, sahabat, kolega, teman sekolah, keluarga, atau kesamaan kepentingan. Dalam organisasi bisnis, kolaborasi jaringan sering dilakukan oleh organisasi-organisasi yang berada dalam satu industri.


II. Jenis Berdasarkan Metode a. Kolaborasi sederhana

Biasanya dilakukan dalam bentuk dialog, pemberian pesan, dan memberikan umpan balik terhadap pekerjaan, kolaborasi ini dapat dilakukan dengan media komunikasi, seperti aplikasi messenger, email, chatting, dan video conference.

b. Kolaborasi dokumen

Kolaborasi yang dilakukan untuk menghasilkan dokumen dari hasil kerjasama.

c. Kolaborasi terstruktur

Koloborasi yang mempunyai aturan, prosedur, dan batasan yang harus diperhatikan oleh pihak-pihak yang terlibat. Penerapan yang diberikan oleh masing-masing pihak diberikan dalam format yang memenuhi prosedur, aturan, dan batasan yang sudah ditentukan.

C. Contoh

1. Gmail

2. WhatsApp

3. Twitter

4. Line

5. Instagram

6. Facebook

7. Club House

1 view0 comments

Recent Posts

See All

Isra Mi'raj

SMP Labschool Jakarta menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati Isra Mi'raj pada tanggal 19 Maret 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut

Kenapa Etika Bermedia Sosial itu Penting?

Zaman sekarang, masyarakat banyak yang mengonsumsi sosial media. Sosial menjadi penting karena merupakan sarana dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, majunya teknologi pa

INVITA 2021, Liburan Kok Lewat Zoom

SMP Labchool Jakarta mengadakan kegiatan INVITA pada tanggal 28 April 2021. Kegiatan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu dilakukan dengan pergi naik kereta bersama teman ke kota Yogya

Post: Blog2_Post
bottom of page